Selasa, 23 Desember 2008

Kebetulan yang Terlalu Kebetulan (PART 1)

Kita ga seharusnya heran saat tiba2 kita nemuin suatu fakta yang menurut kita sifatnya kebetulan banget. Karna dari buku yang pernah saya baca, ga ada kebetulan yang bener2 kebetulan. Kita semua punya garis yang udah dirangkai sama Sang Pencipta. Proses 'penemuan kebetulan'-nya itu yang tergantung sama rangkaian tindakan kita atau timing kejadian dalam hidup kita..

Aku sendiri pernah beberapa kali ngalamin hal ini. Tapi yang paling 'kebetulan' banget itu terjadi waktu aku duduk di bAngku SMA kelas 3, yang ngelibatin dua sahabat aku : Irma Erpina dan Adisty Luthfi Virgianda.

Kata pepatah yang bilang jangan pernah membenci seseorang, karna bisa aja orang yang kita benci itu jadi sahabat sejati yang paling ngertiin kita.
Awalnya, dengan senang hati aku akuin, aku antipati banget sama dua mahluk yang tadi itu.
Irma, anak XI IPA 4, dengan muka juTek abis, dan tu muka juTek dibawa kemana-mana. Asli, sepet banget ngeliatnya. Belum lagi dengan sikapnya yang jarang negor orang, malah terkesan apatis ma lingkungan.
Adisty, anak XI IPA 3. Aku awalnya ga ada apa2 dan cendErung 'aman' sama anak ini. Tapi gara-garanya ada kakak kelas yang lumayan deket ma aku, sebut aja Miss L, sempat punya masalah sama sohib Adisty, sebut aja LE. Anehnya, Miss L bermasalah ama LE, tapi malah Adisty yang nyolot aBis. Dan satu lagi, ngomongnya nyelekit abis.
Dan takdir yang mengubah segalanya itupun datang....

Saat libur kenaikan kelas (dari kelas XI ke kelas XII), OSIS ngadain rapat untuk ngebentuk kepanitiaan MOS. Aku yang waktu itu ngejabat sebagai Koordinator Bidang Humas, jelas jadi panitia. Walaupun ini MOS dari OSIS, panitia tetep terbuka untuk para perwakilan kelas (biasa ketua dan wakil ketua kelas).
Dan betapa terkejut setengah matinya aku waktu baru nginjekin kaki di ruang rapat, mataku langsung terarah ke sebuah sosok dingin, tatapan membunuh, dan jutek abis.

Irma!!
Ya, orang itu!
Orang model gitu mo dijadiin panitia??hmmmm...
Dan lagi2 kenyataan punya kuasa : kita sama2 jadi kakak koordinator kelas. Bedanya aku koor kelas X C dan dia X A.

Tiap rapat bisa aku pastiin ga ada sepatah katapun yang keluar, baik dari mulut aku ataupun dia.
Sampe suatu saat, antara sadar ga sadar aku denger, "Entar tugas kita gimana si??"
aku menoleh dengan tatapan takjub yang berusaha aku tutupin..
"Entar tuh kita yang ngarahin mereka. Jadi tanggung jawab kelas itu, ya di kita. Kalo ada apa2 yang perlu disampein, ya kita perantaranya. Gitu dah."
Abis itu aku grogi abis, dia duduk di samping aku sampe rapat selesai.
Komunikasi pertama menciptakan koMunikasi kedua dan seterusnya. Abis pertanyaan keramat dia itu, ga tau kenapa, jadi sering banget ketemu dia. Akhirnya, sadar ga sadar, aku jadi nempel ma dia selama di kepanitiaan itu.

Tiga hari sebelum liburan panjang selesai, OSIS ngadain rapat lagi (gara2 ini aku ga bisa lama2 di kampungku, Bali). Dan ternyata pembagian distribusi kelas udah ditempel di masing2 pintu kelas.
Dan sekali lagi, aku pikir ini yang terakhir, kenyataan datang berSama takdir. Aku sekelas sama Irma dan Adisty!!
Irma yang waktu itu ngeliat pengumuman bareng aku, langsung ngontrak aku jadi temen sebangkunya.
Haha, aku sebangku sama orang yang pernah aku benci.
What a reality!

Ngejalanin hari2 awal sama irma asik2 aja tuh. Nyambung aja gitu ma dia dan dengan sendirinya penilaian aku ke dia kemaren2 aku ralat.
Tapi ternyata kenyataan masih hobi ngasi aku kejuTan..
Berawal dari percAkapan suatU hari pada Agustus 2005.....

Irma (I) : "Kemaren ngapain aja di Bali, Put?"

Putu (P): "Huw.. Ga sempat kemana-mana, Ma.. Abis-abis untuk upaCara adat. Jadi cuma hari terakhir jalan2nya."

I : "Hm, tapi lumayan lah Put.. Irma tu pengen ke Bali, tapi ga kesampean. Padahal irma punya keluarga di sana."

P : " "O ya? Sapa?"

I : "Namanya Pak Wayan Tama, dulu dinas di Brimob sini. Pas pensiun pindah ke Bali. Istrinya tuh neneknya Irma.."

P : "Hm, ga kenal Ma.. Ntar deh Putu tanyain, mungkin aja bapak sama mama kenal."

Dan jawaban mamaku pas aku tanyain...
"Ooh.. Pak Tama.. Ya kenal lah.. Kan masiH keluarga kita, sepupunya Bapak. Rumahnya kan deket rumah kita di Bali.."

Ha?? Oke..oke.. Saat itu otak aku langsung muter cepat ngebaYangin silsilah keluarga jauh aku itu. Dan kesimpulan yang aku dapet :
Pak Tama adalah om-ku dan Irma adalah keponakanku!
Betapa hebat Tuhan mengatur skenario itu, teman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar