Jumat, 19 Desember 2008

Menari Berbanding Lurus Dengan Kepuasan Batin dan Lembaran Rupiah

Nama blog ini aku kasi nama The Journey of Dancer pasti ada sebaBnya..
Yap,karna aku mencintai dunia seni tari..
Tapi aku bukan atau belum seorang maestro tari..
Aku terjun ke dunia tari udah 12 taun, tepatnya dari aku berumur 20 taun.
Tarian yg aku kuasai cuma tari bAli..
Ya,krn aku emg berdarah bali dan kebetulan kesempatan yang ada cuma untUk mempelajari tari bAli aja..
Tari bali yang aku kuasain saAt ini baru 8 jenis tarian.
Ga tau kenapa, aku tuh yang tahan bAnget dengerin gamelan bali dan nari berjam-jam lamanya.



Sering nampil sana sini dan dengan sedikit pRomosi, akhirnya lumayan banyak orang tau aku..
Aku makin enjoy aja saat banyak orang yg minta aku nari secara koMerSil..ah,itu cuma istila halus dari dibayar.
Ya,akunya seneng dunk hobi aku jadi sumber pendapatan..
Saking cintanya, aku bisa blingsatan sendiri kalo dalam setaun itu aku ngga nari.
Tapi akhirnya itu kejadian juga,haha..
Tawaran taun ini sepi. Ya, ada siH, tapi ngga sebanyak dulu.
Tapi tetep aja, ngebetein..

Soal pengalaman nampil,haha..
Ada keJadian menggembirakan, mengharukan, dan menyakitkan..
Iya, insiden di atas panggung, atau insiden saat pRepare, mulai dari kehilangan kaset sampe lupa gerakan..
Tapi ada satu momen unforgetable yang sangat-sangat menyesakkan dan ngebuat aku terpuruk dengan sukses pada februari 2007.

Jadi waktu itu kampusku jadi tuan rumah untuk acara SEMIRATA, seminar taunan dekan se-Sumatra-Kalimantan. Acaranya 4 hari.
Aku dan pacarku waktu itu kebetulan barengan jadi panitia. Aku resepsionis dan dia dokumentasi.
Pastinya orang paling sibuk yang ngurusin semuanya ya dEkan sama Pembantu Dekan III.
PD III aku ini tau aku penari dan udah sering nampil. Di Farewell party hari ke 2 (besoknya mereka tur), mendadak PD III minta aku ngisi acara, nari tunggal.
Terang aja aku kaget. Acara jam 7 malem, dan dia ngasi tau jam 4an.
Aku ragu banget waktu itu dan sibuk nelponin mamaku nanyain pendapatnya..
Pacarku ngasi saran tolak aja daripada mendadak dan ngga siap. Aku masalah siap ngga siap siH aku siap bAnget. Secara aku hapal mati gerakan tarian yang satu ini. Kostum dan kaset standby di rumah.
Apalagi aku pikir ni kesempatan untuk promosi.
Akhirnya aku iyain setelah susah payah nelponin tukang make up langganan. Lagian ga enak juga ma PD III ku..

Finally, aku nyampe juga di tempat acara jam 7.20 pm dengan make up yang rapi dan fresh. Padahal rasanya pas make up kayak dikejar setan. Tapi semua capek2 itu ilang liat resPon dari dosen, temen, dan pacarku..
"Haduh..Ayangku cantik banget!"
ternyata hepi karna pujian itu cuma berlangsung sekian menit saat aku sadar media yang aku pake untuk muter kaset.
Ternyata di situ ngga disediain vcd apalagi tape.
Sumpah, aku langsung kalang kabut nyari tape. Kebetulan salah satu penari yang tampil malam itu abang tingkat di kampus. Dia nyaranin untuk minjem ke abang tingkatku juga yang rumahnya deket situ, bang Doni..
Dia ma pacarku langsung melesat ke rumah bang Doni.
Setelah mereka sampe, lagi-lagi aku lega dan langsung ngerewind kasetnya. O ya, sekedar informasi, waktu dalam perjalanan tu kaset udah di tes dari awal mpe akhir.

Emang deh, yang namanya sial itu suka beruntun.
Akhirnya tiba waktunya untuk aku tampil.
Musik mengalun..
Penari dengan gemulai menggerakkan jiwa dan tubuhnya..
1 menit..
2 menit..
Stop..
Iya,berhenti..
Kasetnya berhenti, teman!!
Berhenti berputar!!
Dan aku ngga sanggup nyembunyiin ekspresi bingung dan tegang di atas panggung.
Ini lebih parah daripada lupa gerakan. Aku masih bisa senyum dan terus gerakin gerakan apa aja yang terlintas di kepala. Dan orang ga akan ngeh aku lupa gerakan.
Tapi ini? Aku sempat sekitar 5 detik nerusin gerakan yang nanggung tanpa musik sebelum balik ke backstage.
Ini hal yang super duper buat aku down. Aku nangis sejadi2nya. Persetan dengan maskara dan beDak yang jadi belepotan karna air mata aku.
Ngga lama kemudian pacarku nyusul ke backstage. Dia nenangin aku. Bener kata dia, mending jangan daripada mendadak. Aku terisak2 hebat. Salah satu dosenku, Bu Helma juga ngecek koNdisi aku dan ngga lama beliau pergi, ngasi waktu buat aku dan pacarku.
Aku ngga bisa ngomong apa2 saat itu. Aku kesel. Aku marah. Tapi sama siapa?
"Udah ay, jalan kita ngga mungkin selalu mulus. Kendala teknis gini bisa aja muncul." pacarku nyoba ngasi spirit. Aku nenangin diri dan coba nanggepin kata2nya. Tapi tetep aja yang keluar kalimat2 penolakan atas kenyataan, kayak:
"Padahal kasetnya udah dicek pas di mobil,ay.."
"Dua belas taun Putu nari, ini yang paling kacau ay.."
"Putu kesel ay.. Benci.. Marah.."
Pacarku milih diem, ngasi kesempatan aku untuk numpahin peDih..
Dan malam itu aku susah banget senyum walau pacar dan temen-temen aku berusaha bikin aku ketawa.

Sumpah, aku kapok nerima job dadakan abis itu dan agak-agak kesel juga sama PD III..

2 komentar:

  1. hahahaha....

    kejujuran mengekspresikan kepribadian penulis...

    oh gituuu..i see..i see

    BalasHapus
  2. kejujuran apa??kejujuran dalam mengekspresikan kepribadian sang penulis atau kejujuran dalam nulis postingan ini yg bs mengekspresikan gmn kepribadian penulis??

    BalasHapus