Jumat, 19 Desember 2008

Pertanyaan Basi nan (Sangat) Membosankan

Pernah ngerasain datang ke suatu acara, ketemu sama temen-temen (temen kita ndiri atawa temen si mamah), terus mereka mengajukan pertanyaan basi yg ngga penting dan sedikit membuat senewen?? apalagi kalo ditambah saat itu keadaan kita "sangat tidak mendukung" untuk menjawab pertanyaan itu..
Mungkin buat sebagian orang pertanyaan itu biasa aja. Tapi aku ngga demen aja ditanya pertanyaan itu, keliatan banget basa-basinya.

Saat nulis blog ini aku masih berumur 20 tahun 3 bulan 17 hari. Dan bukan kenyataan yang mengejutkan kalo ada beberapa temenku yang udah melaju ke pelaminan.
Tanggal 14 kemaren ada salah satu temenku -sesama penari- yang menggelar resepsi di rumahnya. Waktu itu aku dateng bareng dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-aku-sukai. Kondisi waktu aku berangkat dari rumah tuh mendung abis, gelap gulita, halilintar menyambar-nyambar, oke, agak lebay! Pokoknya bakal turun air lebat banget dah!

Parahnya lagi, pas nyampe di sana, komplek perumahan tempat resepsi udah penuh banget dengan mobil-mobil dan ngga ada tempat parkir yang deket ma rumahnya. Akhirnya dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-kusukai memarkir si roda empat di ujung komplek nun jauh disana. Pas mo turun, aku sibuk nyari-nyari payung yang (aku rasa) udah disimpen di mobil sebelum berangkat. Ternyata oh ternyata....... payung tak tau diuntung itu nihil..raib...hilang tak berbekas.. (harap maklum, saya ini juara lomba puisi).
Alhasil.......bisa ditebak bagaimana dramatisnya kami menerobos hujan....

Sampe disana, dengan hati yang sedikit dongkol, kami menyalami para penyambut tamu yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, dan setengah ibu (temen-temenku).
Salah satu orang setengah ibu itu setaun lebih tua dari aku. Dia seorang calon bidan, bernama Ni Nyoman Sukmawati, yang lebih akrab disapa Nyoman.

"Haaaaiiii Putu...... Ya, ampun lama banget ngga ketemu, Bu! Pa kabar?" (sambil bercipika-cipiki). Dia nganterin aku duduk, karna tamu yang dateng agak sepi.
"Hai, Man? Kuliah? Lancar?" aku nyaut sambil menggigil kedinginan.
"Lancar... Lancar... Tinggal nunggu SK ni.."
"Hoh.. baguslah.."
"Tuh, makanan di sana. Agak ke ujung. Sama siapa?" Nyoman ngelirik ke dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-aku-sukai. Aku cuma nunjuk dia pake congor (mulut-red). Dan aku yakin nggak lama lagi pertanyaan basi itu akan muncul.
"Oooo...jadi kapan nyusul??"

Finally...bener kan?? Aku bukan orang yang anti sama lembaga pernikahan. Malah aku orang yang pengen nikah muda. Cuma ngga sreg aja ditanyain gini apalagi dipengaruhi orang yang datang bareng aku waktu itu (aku ilfil ma dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-kusukai). Aku cuma senyum sekilas, lebih tepatnya bingung mo jawab apa. Yak, perfect abis dah.. Dengan badan yang menggigil dan baju lembab-lembab ngga niat, hati yang sedikit dongkol, aku ngga bisa nanggepin pertanyaan itu dengan banyolan sekalipun.

Sedangkan dia-yang-namanya-tak-boleh-disebut-dan-tak-aku-sukai senyam-senyum jijay sok pede sambil ngedip-ngedipin mata kayak boneka yang suka nangis kalo ompengnya dicopot itu.
Sialnya Nyoman seperti nungguin jawaban aku. Hooooohhhhh Gustiiiii.....
Akhirnya aku paksain jawab "Kok aku?? Kamu duluan lah pastinya.. Aku ngga mo ngeduluin yang lebih tua."
"Yeeee, secara siapan situ dibanding saya."
Oke, saatnya pembicaraan diakhiri. "Ngerampok makanan dulu ah!"

Ternyata sekalipun lagi menikmati hidangan nan lezat, tetep aja pengganggu tuh terus ada.
"Nambah dong, Mbak Putu.." Ada suara di samping kanan aku. Kebetulan aku duduknya rada nyerong ke kiri jadi yang di kanan ga keliatan.
"Eeeh, Tante.. Makan, Tante..." Ternyata ibunda dari saudari Nyoman.
"Iya, iya, silahkan. Tante udah.. Eh, ada **** (nama dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-aku-sukai)! Kapan dong ni nyusulnya??"
Sate ayam yang barusan aku gigit jadi rasa semen. Tolong deh tante...ngga liat orang lagi asik makan??
Tanya kek "Aduh, makin cantik aja Mbak Putu.. Apa sih resepnya? Tante pengen juga."
Atau "Mbak Putu gimana kuliahnya? Udah mau selesai dong ya?" atau apalah yang lain..
"Hm, kapan-kapan, Tante...he..." (ini aku yang jawab)
"Doain dong, Tante.. biar lancar.." (ini jawaban dia-yang-tak-boleh......dst)
"Ya pastilaaaaaahhhh.... jangan lupa aja undang-undang kita yang orang jauh.."
Aku cuma bisa senyum setan.

Pengen banget sih bilang "Banyak bacooooootttt!!!!!!!" Tapi itu orang tua....hahaha...

Selesai makan aku langsung ngajak dia-yang-tak-boleh-disebut-namanya-dan-tak-aku-sukai nyalamin si pengantin..
"Selamet Mba..." (cipika-cipiki lagi)
"Ho'oh..tengkyu ya bu.. Kapan donk nyusul?"
Udah kebal ni ceritanya.
"Ntar pake penerbangan terakhir aja." (diiringi tatapan bingung dari kedua mempelai)

Dan pulangnya ujan masih aja turun. Tapi aku ngga peduli. Basah, basah aja...

4 komentar:

  1. hahahahahaha..bener2 ngakak nih...

    BalasHapus
  2. apa seeeeh...hahahha..
    asli lah..kayak jeruk sambel lah muka saya sewaktu itu, pak hendra..hahha

    BalasHapus
  3. Oh jadi... pria yg namanya tak boleh disebut itu bang ****, Put??? hehehee juga ah... xD

    BalasHapus
  4. hmmm kok 4 digit yo??emang siiih..nama si mas 4 digit..
    tapiiii emang jojo kenal??

    BalasHapus